SOLUMI UMKM

Sadari Pengelolaan Keuangan untuk Usaha Anda

Akunta ada untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah membantu proses keuangan bisnis anda secara digital dan tersistem secara otomatis. 

Solusi UMKM

Akunta.id hadir untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang membantu proses keuangan bisnis Anda secara digital dan tersistem secara otomatis. Berikut adalah solusi yang diberikan oleh Akunta.id kepada pelaku UMKM.

1. Pembukuan Rapi Sejak Memulai Usaha, Sehat Sejak Awal

Terkadang banyak yang belum menyadari kapan harus melakukan pembukuan yang tertata dan rapi bagi usaha mikro maupun startup, padahal menyehatkan pencatatan dan pembukuan sejak dini adalah langkah strategis untuk siap bersaing dan bertumbuh cepat. Sebenarnya, setiap perusahaan bisnis baik skala kecil maupun besar sekalipun tentu menggunakan pembukuan sebagai dasar dari sistem akuntansi mereka. Di dalam pembukuan, ada proses pencatatan segala informasi keuangan secara teratur. Artinya, dalam pembukuan terekam semua lalu lintas transaksi bisnis Anda.

2. Proses Akuntansi dapat Berjalan Otomatis dan Instan

Sebuah bisnis yang sukses menggunakan software akuntansi biasanya memiliki kondisi keuangan yang mudah diketahui setiap saat. Menggunakan Akunta.id sebagai software akuntansi memudahkan pengerjaan laporan keuangan dan menghasilkan data keuangan dalam waktu singkat dan cepat serta akurat dan dapat dipastikan kebenarannya. Manajemen keuangan perusahaan pun akan lebih rapi dan dapat berjalan secara otomatis. Proses dalam mencatat, mengidentifikasi, hingga menyajikan data yang berhubungan dengan transaksi juga dapat diketahui dengan mudah. Jika terjadi kesalahan input data, hanya perlu memperbaikinya tanpa harus memulai dari awal. Anda juga dapat memonitoring kapan saja dan dimana saja.

3. Pekerjaan Menjadi Lebih Efisien dan Cepat

Dengan menggunakan Akunta.id, Anda dapat menentukan berbagai keputusan bisnis dengan cepat dan tepat. Dengan begitu, pekerjaan akan menjadi lebih mengasyikkan dan tidak perlu repot untuk membaca laporan keuangan secara manual. Sehingga pekerjaan di perusahaan akan menjadi lebih efisien. 

4. Dapat Digunakan Banyak User (Multi User)

Akunta.id merupakan aplikasi yang dapat digunakan banyak user (multi user), sehingga dapat digunakan secara bersama-sama lebih dari satu perangkat keras. Pengguna dapat membuat, mengedit, dan menghapus berbagai transaksi berdasarkan peran dan tanggung jawab. Administrator memiliki hak untuk memberikan hak kepada setiap perngguna berdasarkan persyaratan.

5. Menyiapkan Sistem Perangkat Lunak Akuntansi beserta Admin

Apabila Anda ingin melakukan pencatatan pajak dengan baik, maka penting sekali untuk menyiapkan terlebih dulu perangkat lunak akuntansi yang baik untuk bisnis Anda. Mungkin saja Anda ingin melakukan outsourcing persiapan pajak akhir dengan mempercayakan seorang profesional di dunia perpajakan, seperti akuntan. SPT akhir Anda merupakan produk dari pembukuan Anda, sehingga penting sekali bagi Anda untuk memilih perangkat lunak akuntansi yang benar-benar bisa memberikan hasil terbaik. Selain itu jika Anda membutuhkan pekerjaan untuk mempersiapkan dan menyortir dokumen, memasukan dan mengelola dokumen dan catatan dengan baik serta profesi yang memastikan proses accounting dan pajak yang ada di perusahaan Anda berjalan dengan sukses, kami juga menyediakan jasa seorang profesional konsultasi dan data entry.

6. Ketahui Sumber Dokumen untuk Jurnal Akuntansi Bisnis Anda

Jurnal pada dasarnya mendukung secara penuh pembukuan atau pencatatan dan proses akuntansi sederhana untuk pebisnis, termasuk halnya pebisnis kecil seperti ini. Sebuah dokumen sumber untuk pembelian, misalnya saja cek serta kwitansi yang telah dibatalkan merupakan apa saja yang telah digunakan untuk membuat buku besar akuntansi dan entri jurnal. Mereka juga memiliki peranan penting sebagai dokumentasi Anda untuk pengurangan pajak yang telah berhasil diklaim. Untuk dokumen kertas yang asli nanti harus disimpan bersama dengan buku besar, tempat Anda mencatat semua transaksi yang dilakukan di bisnis Anda tersebut. Apabila suatu saat nanti terjadi kebakaran atau pun bencana lainnya, maka setiap dokumen sumber harus dipindai ke dalam file PC, komputer, maupun laptop dan disimpan dengan baik pada flash drive.

7. Ringkasan Penerimaan dan Pencairan Tunai Harian maupun Bulanan

Tidak hanya pada saat Anda akan melakukan cara menghitung keuntungan atau cara menghitung laba bersih saja Anda perlu melakukan pencatatan untuk bisnis kecilmu. Akan tetapi akan ada banyak hal yang bisa didapatkan dari pencatatan yang baik untuk bisnis Anda.Penting sekali untuk diingat bahwa Anda nanti akan membutuhkan dokumentasi sumber terpercaya. Pencairan seperti halnya mengenai urusan biaya untuk telepon maupun layanan internet dan untuk biaya mobil, bisa digunakan sebagai bentuk kemungkinan pemotongan pajak.

8. Tetap Terorganisir

Salah satu tips terpenting untuk bisnis skala kecil ketika sudah berurusan dengan pembukuan adalah memastikan seluruh catatannya terorganisir dengan baik sepanjang tahun. Jangan sampai Anda mencatatnya angin-anginan, atau terkadang rajin tapi di waktu lainnya justru abai. Untuk itu, pastikan seluruh dokumen dan kertas-kertas terkecil sekalipun tersimpan dengan baik. Bila perlu, Anda bisa mengklasifikasikan pengeluaran sesuai dengan kategorinya. Selain itu, khusus di bagian pemasukan, tuliskan seluruh metode penerimaan yang Anda gunakan ya!

9. Memisahkan Keuangan Pribadi

Ini hal utama yang kerap dipandang sepele namun justru berpotensi merusak seluruh proses pembukuan. Jangan pernah satukan keuangan pribadi dengan urusan bisnis. Di detik pertama ketika Anda memulai bisnis, bertanggung jawablah pada semua hal termasuk urusan pembukuan.Sangatlah penting untuk membuat rekening terpisah antara urusan pribadi dengan bisnis. Cara ini akan memudahkan Anda dalam mendata seluruh aktivitas transaksi di rekening. Dengan demikian, proses pembukuan jauh lebih cepat dan ringkas.

10. Cocokkan Rekening dan Pembukuan

Biasanya hal ini luput dilakukan oleh para pebisnis dan bisa terjadi hingga berbulan-bulan! Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. Sebisa mungkin, Anda harus disiplin mencocokkan data di rekening dan pembukuan secara berkala. Apalagi, data rekening bisa diakses dengan mudah lewat akun internet banking Anda.

11. Evaluasi Berkala

Tak hanya mencocokkan rekening dan pembukuan saja, hal yang juga penting dilakukan adalah mengevaluasi data pembukuan Anda secara berkala. Mulai dari bulanan, triwulanan, hingga tahunan. Contohnya ketika Anda rajin mengevaluasi bagian pendapatan secara detil, maka akan terlihat mana bagian yang menurun, meningkat, atau berpeluang lebih besar. Cara ini tidak hanya semata-mata untuk melihat besaran angka saja, tetapi juga untuk membantu melihat bagaimana tren bisnis Anda berkembang.

12. Audit Diri Sendiri

Keuangan yang sehat adalah yang diaudit secara berkala, termasuk oleh diri sendiri. Caranya sesederhana mencocokkan apa yang ada di pembukuan dengan situasi sesungguhnya. Metode audit yang digunakan tentu bervariasi bergantung pada ukuran dan kondisi bisnis Anda saat ini. Kesempatan audit ini adalah kunci untuk benar-benar mengenali bisnis Anda dan memastikan semua berjalan right on track. Lakukan secara berkala agar kesalahan sekecil apapun bisa terdeteksi dengan mudah.

13. Kelola Aset

Jika Anda masih menjalankan bisnis dengan sumber daya manusia terbatas, hal yang satu ini kerap luput diperhatikan. Tidak ada orang yang sempat mendata ada berapa banyak barang di gudang, berapa goodie bag untuk keperluan promosi, hingga peralatan tulis. Mengelola inventaris dan aset perusahaan Anda dengan baik juga akan membantu memprediksi seberapa banyak barang baru yang perlu dibeli ketika saatnya tiba. Di sisi lain, cara ini ampuh menghindari penumpukan barang tidak diperlukan yang bahkan bisa rusak jika tidak dimanfaatkan.

14. Pisahkan Dana Pinjaman

Perusahaan kerap mengajukan pinjaman modal dari peminjam. Tentu hal ini sangat positif dan memudahkan bisnis Anda. Namun kesalahan yang kerap terjadi adalah mencampur uang dari dana pinjaman dengan uang dari proses bisnis atau pembayaran klien. Untuk itu, gunakan software khusus untuk mendata keduanya sehingga transaksinya juga bisa dilacak secara detil. Cara ini juga bisa menghindari dana pinjaman seolah “lenyap” begitu saja sebelum bisa diolah sesuai rencana awal.

Penawaran terbaik kami untuk UMKM

Paket UMKM

Untuk yang baru memulai bisnis dan mulai mencoba untuk digitaliasi.

Hanya 200 K

Rupiah per Bulan

Mulai Tertarik Dengan Akunta.Id?

atau Anda mau melihat skema berlangganan dan penawaran dari kami?

Lihat Penawaran
akunta-app