Pengertian dan Cara Meningkatkan Profit Bisnis Perusahaan

author
admin

01, September 2021

blog-image

Dalam ilmu akuntansi, pengertian profit ini sendiri adalah keuntungan bersih dan inilah yang terkadang menjadi tujuan utama dari di jalannya suatu perusahaan. Karena hal ini, pengusaha atau enterpreneur juga harus mengetahui lebih dalam apa itu profit. Tak hanya itu saja, akan lebih baik jika mereka juga mengetahui pengertian profit dan cara meningkatkannya.

 

Pada artikel ini akan dibahas pengertian dan cara meningkatkannya. Untuk bisa menarik profit yang besar memang benar adanya seorang pengusaha harus meningkatkan jumlah penjualan. Namun sayangnya, melakukan peningkatan ini bukanlah hal yang mudah. Terlebih jika saingan yang ada cukup banyak dan ketat atau bisnis yang dijalankan sifatnya baru.

 

Pengertian profit sendiri merupakan istilah yang mendefinisikan jumlah uang yang dihasilkan oleh perusahaan namun bersumber dari penjualan yang dilakukan pada periode tertentu. Jumlah ini tentunya sudah harus dikurangi dengan biaya dan HPP.  Anda pun bisa meningkatkan profit bisnis dengan 6 cara dibawah ini:

 

1. Meningkatkan Harga Barang yang Dijual

Hal Ini berlaku untuk pengusaha yang khawatir apakah produknya bisa bersaing dengan pasar atau tidak, wajar jika pengusaha mengkhawatirkan kenaikan harga bisa mempengaruhi calon pelanggannya atau tidak. Kenaikan harga juga menyebabkan kurangnya pelanggan.  namun Anda harus bisa menerimanya.  jika anda ingin meningkatan profit dengan cara ini, Anda harus sadar bahwa banyak atau tidaknya jumlah pelanggan, tidak akan mempengaruhi kesuksesan bisnis anda. 

2. Melakukan Analisa Setiap Produk/Jasa

Hal ini bisa dikatakan sebagai tahap paling awal untuk bisa meningkatkan profit perusahaan Anda. Apalagi jika produk atau jasa yang Anda tawarkan ada banyak. Anda perlu melakukan analisa satu per satu produk Anda. Karena pada tahap ini, Anda bisa melakukan identifikasi produk mana yang menguntungkan dan mana yang tidak begitu berpotensi. Setelah itu, lakukanlah perencanaan terhadap pengembangan produk tersebut.

3. Meningkatkan Penjualan Layanan atau Produk

Anda bisa melakukan peningkatan layanan pada jasa yang anda jual maupun peningkatan packaging yang lebih memadai untuk produk yang Anda jual.  Sebelum mulai meningkatkan layanan atau produk, lakukanlah pertimbangan untuk hal ini. Berapa harga yang akan Anda tawarkan dan bagaimana insentif yang ada untuk menciptakan produk yang lebih menarik dan ukuran yang lebih besar sekaligus.

4. Melalui Pelanggan

Siapa bilang pelanggan tak bisa diandalkan untuk meningkatkan profit? Kali ini Anda bisa mencoba poin ini dengan cara memperpendek siklus penjualan. Dengan memperpendek siklus penjualan Anda juga bisa memperpanjang retensi pelanggan Anda. Dengan demikian, nilai jual produk yang Anda jual bisa ditemukan dan Anda bisa langsung meyampaikannya pada pelanggan. Anda juga bisa melakukan edukasi pada pelanggan terkait bagaimana produk ideal yang seharusnya mereka pilih.

5. Mencegah Fraud

Profit yang meningkat akan percuma jika terjadi Fraud. Anda bisa menerapkan sistem anti fraud dalam bisnis anda, Salah satu caranya adalah dengan menentukan metode pembayaran apa saja yang diterima perusahaan Anda. Daripada nantinya Anda memiliki potensi menerima tindakan kecurangan atau pencurian uang, di awal Anda bisa menerapkan sistem anti fraud pada karyawan, pemasok, dan staff Anda. Ini mungkin akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang lebih banyak, namun manfaatnya akan sangat terasa.

6. Hindari Kompetisi Harga

Anda tidak perlu terlalu berfokus pada harga yang ditawarkan oleh pesaing. Anda dapat berfokus pada produk Anda saja dengan menghitung berapa biaya yang Anda keluarkan untuk memproduksi tersebut, melakukan branding, dan kemudian menentukan harga Anda sendiri.

7. Tambah Jenis Produk Baru

Cara terakhir adalah Anda bisa mencoba untuk membuat produk baru yang masih memiliki korelasi dengan produk yang sukses Anda buat sebelumnya. Hal ini akan membuat barang yang Anda jual memiliki pasar yang lebih luas, terlebih jika barang yang Anda jual adalah pionir pada pasarnya, maka kepercayaan pelanggan akan Anda dapatkan dengan mudah karena barang yang Anda jual sudah terbukti kualitasnya.

 

Setelah Anda mengetahui pengertian profit dan cara meningkatkannya langkah selanjutnya adalah memantau semua hal tersebut secara berkelanjutan dengan pembukuan yang benar. Dengan pembukuan yang benar, Anda bisa memonitor secara akurat keuangan bisnis, apakah bisnis Anda mengalami keuntungan atau kerugian. Anda juga bisa mendapatkan laporan keuangan yang bisa Anda gunakan untuk improvisasi pada bisnis Anda.

 

Gunakanlah software akuntansi seperti Akunta.id sebagai solusi pembukuan bisnis yang lebih optimal. Akunta.id memiliki fitur terlengkap dan harga yang terjangkau. 

 

Saya mau coba gartis Akunta.id sekarang!

atau

Saya mau bertanya ke sales Akunta.id sekarang!