Peran Digital Marketing dalam Meningkatkan Omset Penjualan Ditengah Pandemi

author
admin

01, September 2021

blog-image

Bagaimana nih kabar kalian para pebisnis di tengah pandemi COVID-19 ini. Pastinya berat menjalankan bisnis ditengah pandemi seperti ini, apalagi terkait tentang peningkatan penjualan. Pasti Anda akan berpikir bagaimana agar omset penjualan tidak naik turun dan tetap stabil. Salah satu caranya Anda bisa memanfaatkan digital marketing.

 

Digital marketing adalah salah satu cara pemasaran produk atau jasa menggunakan perangkat elektronik seperti sosial media, email dan lain-lain. Peran Digital Marketing sangat penting dalam meningkatkan omset bisnis anda tanpa harus bertatap muka secara langsung. Selain itu anda bisa memanfaatkan metode” yang dilakukan oleh digital marketing dalam meningkatkan omset penjualan, Berikut 5 Metode Para Digital Marketer Untuk Meningkatkan Omset Ditengah Pandemi

 

1. Social Media Marketing

Social Media menjadi tempat favorit para digital marketing untuk mempromosikan produk/jasa. Mengingat berdasarkan dari berbagai sumber menyatakan Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi masyarakatnya yang banyak menggunakan sosial media sebagai media interaksi mereka Contoh platform yang biasa digunakan seperti: Instagram, Facebook, Linkedin, ataupun Youtube. Namun anda perlu memperhatikan beberapa trik yang wajib diketahui sebelum menggunakan sosial media marketing, yaitu:

 

  • Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu.
  • Anda bisa menganalisis kompetitor bisnis Anda.
  • Atur waktu yang tepat untuk mem-posting konten sosial media marketing Anda.
  • Gunakan Ads jika dibutuhkan, seperti Facebook Ads, Instagram Ads.
  • Evaluasi dan review konten marketing yang telah Anda lakukan di sosial media bisnis Anda.

2. Website 

Website bisa menjadi salah satu alat untuk melakukan penjualan, apabila Anda ingin menjangkau konsumen yang berada diluar daerah yang tidak bisa Anda jangkau. Website bisa diakses 24 jam tanpa ada batasan. Siapapun tidak ada yang mengetahui kapan konsumen-konsumen tersebut membutuhkan informasi tentang produk yang Anda tawarkan.  

3. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau SEO merupakan upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Untuk mendapatkan ranking tertinggi di hasil pencarian, dapat dilihat melalui potensi trafik organik Anda yang sudah meningkat. SEO juga dapat membantu Anda mendapatkan trafik yang tepat. Jadi Anda tidak hanya fokus pada trafik tinggi, tetapi juga trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama website Anda.

4. Strategi Digital Marketing Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click (PPC), atau juga dikenal dengan Cost Per Click (CPC), adalah model iklan internet yang digunakan untuk mengarahkan traffic ke situs web. Pengiklan harus membayar kepada penerbit iklan (biasanya search engine, pemilik situs web, atau platform media sosial) ketika iklan tersebut di-klik oleh seseorang. Dengan kata lain, PPC adalah cara untuk membeli traffic ke website Anda.

5. Content Marketing

Content marketing merupakan pemasaran secara online yang berfokus dalam merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang relevan, dan mampu menarik perhatian banyak orang, sehingga mereka  bisa tertarik menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ada beberapa jenis konten yang bisa Anda gunakan, seperti artikel, video, audio, atau infografis. Gunakan metode-metode digital marketing diatas dengan seefisiensi mungkin untuk menghindari biaya-biaya yang cukup besar yang justru malah bukan membuat anda profit malah mengeluarkan dana yang lebih.

 

Jangan lupa Pantau terus pengeluaran yang terjadi untuk setiap promosi yang anda lakukan dalam sebuah laporan keuangan. Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Akunta.id sebagai sahabat anda dalam membuat laporan keuangan agar terlihat lebih rapi tanpa ribet. 

 

Buktikan sekarang juga, bahwa dengan Akunta.id pembukuan keuangan bukan lagi hal yang perlu ditakutkan. Tunggu apalagi, yuk kita coba Akunta.id.

 

Saya mau coba gartis Akunta.id sekarang!

atau

Saya mau bertanya ke Tim Akunta.id sekarang!