Langkah Mudah Membuat Rencana Aggaran Biaya (RAB)!

author
admin

18, December 2022

blog-image

Kamu sering mendengar istilah rencana anggaran biaya (RAB)? Ya, istilah rencana anggaran biaya sering digunakan dalam persiapan membuat suatu usaha atau proyek. Rencana anggaran biaya bisa membantu kamu mengontrol dan menganalisa jumlah biaya yang dikeluarkan dalam suatu usaha, dan menetapkan prioritas dan membuat komitmen jangka Panjang.

 

Jadi, kamu harus tau, bagaimana cara mudah membuat rencana anggaran biaya. Untuk mengupas rasa penasaran kamu, mari kita simak penjelasan berikut ini.

 

Table of Contents

  1. Apa Pengertian Rencana Anggaran Biaya (RAB)?

  2. Bagaimana Cara Membuat Rencana Aggaran Biaya (RAB)?

  3. Apa Tujuan Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB)?

 

Pengertian Rencana Anggaran Biaya (RAB)

RAB adalah rencana pengeluaran biaya (uang) terhadap suatu usaha, pekerjaan atau proyek yang disusun secara terperinci. Rencana anggaran biaya merupakan pedoman dalam mengeluarkan biaya yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilakukan yang tertera dalam anggaran tersebut.

 

Rencana anggaran biaya merupakan bagian dari pengelolaan keuangan usaha. Tanpa perencanaan dan anggaran maka keuangan usaha bisa berantakan dan bukan mustahil bisa terjadi kebangkrutan. Rencana anggaran biaya juga memungkinkan pemilik bisnis tidak hanya merencanakan pengeluaran, namun juga menganalisis pengeluaran dan membuat perubahan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Pada dasarnya rencana anggaran biaya tidak hanya untuk usaha atau proyek saja. Rencana anggaran biaya juga bisa diterapkan dalam kegiatan suatu organisasi, acara sosial di masyarakat dan lain sebagainya. Dari rencana anggaran biaya yang dibuat, panitia suatu acara bisa mengetahui peralatan mana yang harus dibeli atau disewa.

 

 

Langkah Mudah Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Berikut adalah cara membuat RAB yang bisa diterapkan untuk bisnis Anda.

  1. Membuat Daftar Pekerjaan

Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat rencana anggaran biaya adalah menulis daftar pekerjaan apa saja yang akan dilakukan dalam suatu usaha. Buat daftar ini untuk semua divisi yaitu produksi, operasional, pemasaran dan keuangan. Dari daftar tersebut akan diketahui biaya-biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha itu.

 

Daftar pekerjaan harus dibuat secara detail agar bisa diketahui biaya yang akan muncul. Bandingkan daftar pekerjaan yang dibuat dengan biayanya, apakah sesuai dengan standar umum yang ada. Tujuan daftar pekerjaan dibuat agar biaya yang diajukan tidak berlebihan atau terlalu kecil karena kedua hal itu bisa mempengaruhi keuangan usaha.

 

  1. Memasukkan Pembelian Peralatan

Masukan juga pembelian peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha itu. Misalnya mesin produksi, motor atau mobil untuk mengantarkan produk ke customer dan lain sebagainya. Umumnya peralatan dalam menjalankan usaha dimasukkan sebagai aset perusahaan. Dalam laporan keuangan beberapa jenis dari peralatan tersebut akan mengalami depresiasi atau penyusutan.

 

  1. Menghitung Biaya Tetap

Langkah selanjutnya adalah memasukkan biaya tetap yaitu pengeluaran yang selalu terjadi dalam menjalankan usaha itu. Biaya tetap meliputi gaji karyawan, biaya listrik, biaya air, biaya internet dan lain-lain. Jika belum diketahui nilai biaya tetap tersebut masukan nilai estimasi yang berkisar tidak terlalu jauh dari biaya yang akan muncul.

 

  1. Menganalisa Biaya Tak Terduga

Memasukkan biaya tak terduga juga harus dilakukan dalam membuat rencana anggaran biaya, karena hal-hal tak terduga biasanya akan terjadi dalam menjalankan suatu usaha atau pekerjaan. Buatlah anggaran biaya tak terduga dengan nilai yang cocok untuk jenis usaha Anda karena setiap usaha pasti berbeda resiko hal tak terduga yang bisa muncul.

 

Komponen biaya tak terduga merupakan hal yang sulit ditentukan. Hal ini dikarenakan pemilik bisnis tidak bisa mengetahui dengan pasti hal atau peristiwa apa yang terjadi diluar kendalinya serta berapa biaya yang akan muncul tersebut. Oleh karena itu biaya tidak terduga hanya bersifat prediksi. Salah satu cara praktis adalah dengan mencari tahu dan membandingkan hal atau peristiwa tak terduga ini dari pesaing dalam bisnis yang sama dengan Anda

 

  1. Melakukan Rekapitulasi

Hal terakhir yang dilakukan dalam membuat rencana anggaran biaya adalah membuat rekapitulasi atas pencatatan biaya-biaya tersebut. Tujuan melakukan rekapitulasi adalah agar laporan atau data yang disediakan lebih sederhana sehingga mudah dimengerti. Dengan melihat rekapitulasi, pemilik bisnis akan lebih cepat dalam memahami kebutuhan biaya yang diperlukan.

 

Selain itu rekapitulasi rencana biaya anggaran juga bisa digunakan untuk pihak lain, misalnya investor. Dengan melihat rekapitulasi itu, seorang investor bisa mengetahui berapa dana yang dibutuhkan dan untuk apa saja dana tersebut digunakan.

 

Tujuan Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Manfaat lain untuk membuat anggaran tahunan meliputi:

  • Kemampuan untuk membuka jalur kredit.
  • Sederhanakan persiapan pajak.
  • Kemampuan untuk membuat keputusan. 

 

Perusahaan yang berkecenderungan memandang ke depan, akan selalu memikirkan apa yang mungkin dilakukannya terkait budgeting pada masa yang akan datang.

 

Sehingga dalam pelaksanaannya, perusahaan ini tinggal berpegangan pada semua rencana budgeting yang telah disusun sebelumnya.

 

Untuk mengontrol dan mengevaluasi budgeting, pastinya kamu harus memiliki pencatatan keuangan yang baik. Cuman Akunta.id aplikasi akuntansi yang memiliki fitur lengkap dengan harga terjangkau. 

 

Dapatkan aplikasi Akunta.id gratis selama 30 hari. Jika kamu ingin tahu lebih banyak, kamu juga bisa hubungi tim kami untuk penjelasan mengenai Akunta.id lebih lanjut

 

Saya mau coba gartis Akunta.id sekarang!
Atau
Saya mau bertanya ke sales Akunta.id sekarang!

 

Setelah kamu mengetahui mengetahui laporan Neraca. Kamu juga harus mengerti dan memahami topik lainnya serta informasi terbaru terkait tips-tips keuangan dan pembukuan keuangan yang bisa kamu baca di Blog Akunta.id.  

 

Jika kamu merasa informasi ini berguna, yuk bagikan juga ke social media kamu. Semoga informasi ini bermanfaat ya.