Laporan Perubahan Modal: Cara Pembuatan, Contoh, dan Fungsinya

author
admin

30, October 2022

blog-image

Dalam dunia bisnis dan keuangan, istilah laporan perubahan modal menjadi hal tidak asing. Bagaimana tidak, setiap bisnis tentunya akan terjadi banyak hal yang bisa membuat perusahaan melakukan perubahan, salah satunya yaitu keputusan yang membuat perusahaan melakukan perubahan modal.

 

Laporan Perubahan Modal merupakan salah satu dari laporan keuangan yang jenis laporan keuangan yang dihasilkan perusahaan untuk menggambarkan peningkatan atau penurunan aktiva bersih dan kekayaan selama periode tertentu.

 

Table of Contents
1.    Pengertian Laporan Perubahan Modal
2.    Isi Laporan Perubahan Modal
3.    Cara Membuat Laporan Perubahan Modal
4.    Contoh Laporan Perubahan Modal
5.    Fungsi Laporan Perubahan Modal

 

Apa itu Laporan Perubahan Modal?

Laporan Perubahan Modal (Statements of Changes in Capital) adalah bagian dari laporan keuangan yang isinya merupakan informasi mengenai ekuitas yang dimiliki oleh suatu perusahaan serta informasi yang menyebabkan perubahan, baik bertambahnya atau berkurangnya ekuitas sampai pada akhir periode akuntansi. Dengan begitu, perusahan mampu memantau modal yang masuk dari beberpa ajenis peminajman yang baru dibaut, atau peminjaman asset yang dilakukan.

 

Laporan Perubahan modal disusun setelah neraca lajur dan laporan laba rugi, karena laporan ini disusun berdasarkan laporan yang terkait dengan laba bersih atau rugi bersih yang berasal dari laporan laba rugi perusahaan.

 

Apa Saja Isi dari Laporan Laba Rugi?

Ada beberapa komponen penting dalam Menyusun laporan perubahan ekuitas, yaitu:

 

  • Modal Awal

Modal awal adalah saldo akhir dari laporan keuangan periode sebelumnya. Modal awal tidak disesuaikan karena koreksi kesalahan pada periode yang sebelumnya serta diperbaiki pada peppriode berjalan

 

  • Pengaruh dari Perubahan Kebijakan Akuntansi

Penyesuaian diperlukan pada cadangan pemegang saham di awal periode laporan komparatif untuk menyajikan ekuitas awal ke jumlah yang ditentukan pada kebijakan akuntansi baru.

 

  • Pengaruh Koreksi Kesalahan Periode Sebelumnya

Efek koreksi kesalahan periode sebelumnya harus disajikan secara terpisah sebagai bentuk penyesuaian.

 

  • Saldo yang Disajikan Kembali

Ekuitas yang dapat diberikan kepada pemegang saham pada awal periode komparatif setelah penyesuaian karena adanya perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan periode sebelumnya.

 

  • Perubahan dari Modal Saham

Dalam periode terkait, modal saham perlu ditambahkan di dalam laporan perubahan ekuitas. Penukaran saham perlu dikurangi dalam laporan. Efek penerbitan serta pelunasan saham perlu disajikan terpisah sebagai cadangan modal saham serta cadangan premi saham.

 

  • Dividen

Pembayaran dividen perlu dikurangkan dari ekuitas pemegang saham. Ini karena dividen adalah distribusi kekayaan yang dapat diatribusi pada tiap-tiap pemegang saham.

 

  • Laba Rugi pada Periode Terkait

Laba dan rugi yang diatribusi pada pemegang saham selama periode yang tercantum dalam laporan laba rugi.

 

  • Perubahan dalam Cadangan Revaluasi

Perubahan dalam cadangan revaluasi perlu disajikan dalam laporan selama hal ini diakui di luar laporan laba rugi. Sebab, pembalikan rugi penurunan nilai sebelumnya tidak disajikan terpisah pada laporan perubahan ekuitas karena sudah dimasukkan pada laba rugi periode terkait.

 

  • Keuntungan dan Kerugian Lain

Keuntungan dan kerugian lain yang tidak diakui pada laporan laba rugi, dapat disajikan dalam laporan perubahan modal laiknya keuntungan serta kerugian aktuarial akibat penerapan nilai tukar, pajak biaya masuk, dan sebagainya.

 

  • Saldo Akhir

Saldo cadangan ekuitas dari pemegang saham di akhir periode pelaporan seperti yang terlihat pada laporan posisi keuangan.

 

Bagaimana Cara Membuat Laporan Perubahan Modal?

Dalam pembuatan laporan perubahan modal, ada setidaknya empat langkah untuk membuatnya. Berikut ini langkah-langkah penyusunan laporan perubahan modal:

  • Letakkan modal awal di posisi atas laporan, bisa diambil dari neraca saldo setelah penutupan periode sebelumnya. Selain itu, modal awal ini juga bisa diambil dari neraca lajur bagian neraca saldo sebelum penyesuaian.
  • Tentukkan laba atau rugi bersih pada periode tersebut. Hal ini bisa kamu ambil dari selisih kolom debet dan kredit bagian laba atau rugi pada neraca lajur. Selain itu, bisa juga diambil dari hasil akhir laporan laba rugi komprehensif periode tersebut.
  • Tentukkan penarikan yang diambil dari neraca lajur bagian neraca kolom debet.
  • Hitung modal akhir berdasarkan data yang sudah didapatkan tersebut.

 

Contoh Laporan Perubahan Modal

Setelah mengetahui pengertian dan beberapa cara dalam membuat laporan perubahan modal, berikut contoh laporan perubahan modal dari suatu perusahaan.

  

Alih-alih menggunakan excel, menggunakan software akuntansi diyakini bisa mempercepat proses pembuatan laporan keuangan bisnis. Kamu bisa dengan mudah menggunakan software akuntansi dari Akunta.id. Akunta.id akan mencantumkan detail setiap transaksi yang terjadi di perusahaan kamu. 

 

Untuk membuat laporan laba rugi menggunakan Akunta.id, kamu hanya perlu masukan transaksi yang terjadi, dan Akunta.id akan membuat laporan secara ototamis. 

 

Berikut contoh laporan laba rugi menggunakan aplikasi Akunta.id

Berikut buku petunjuk mengenai pembuatan laporan keuangan di Akunta.id

 

Tujuan Laporan Perubahan Modal

Pembuatan laporan perubahan modal bertujuan untuk memberikan laporan mengenai perubahan modal usaha. Tidak hanya itu, laporan ini juga bertujuan untuk membuat ikhtisar dari investasi dan dana yang dihasilkan dalam suatu periode serta aktiva pembayaran. Laporan perubahan ekuitas ini berfungsi untuk dapat melengkapi pengungkapan perubahan dari modal yang terjadi pada perusahaan dalam periode akuntansi yang bersangkutan.

 

Berikut ini adalah beberapa fungsi pembuatan laporan perubahan ekuitas:

  • Menyatakan adanya perubahan modal dalam suatu kurun periode dengan nominal yang tertulis jelas secara tepat dan akurat.
  • Mendukung laporan keuangan yang juga termasuk di dalamnya ada laporan laba-rugi, neraca, dan laporan keuangan.
  • Menjadi acuan perusahaan dalam mengambil keputusan strategi bisnis di masa depan.
  • Memberikan informasi yang membantu para investor dalam memperkirakan jumlah waktu dan ketidakpastian penerimaan kas pada masa depan yang berasal dari pembagian dividen.
  • Memberikan informasi pada para analis keuangan untuk memahami faktor-faktor yang dapat memengaruhi perubahan ekuitas pada perusahaan.

 

Setelah kamu mengetahui mengetahui laporan perubahan modal. Kamu juga harus mengerti dan memahami topik lainnya serta informasi terbaru terkait tips-tips keuangan dan pembukuan keuangan yang bisa kamu baca di Blog Akunta.id.  

 

Dengan pembukuan yang benar, kamu bisa memonitor secara akurat keuangan bisnis, apakah bisnis kamu mengalami keuntungan atau kerugian. Kamu juga bisa mendapatkan laporan keuangan yang bisa kamu gunakan untuk improvisasi pada bisnis kamu.

 

Kamu lagi cari software akuntansi yang mudah digunakan? Cuman Akunta.id aplikasi akuntansi yang memiliki fitur lengkap dengan harga terjangkau. 

 

Dapatkan aplikasi Akunta.id gratis selama 30 hari. Jika kamu ingin tahu lebih banyak, kamu juga bisa hubungi tim kami untuk penjelasan mengenai Akunta lebih lanjut

 

Saya mau coba gartis Akunta.id sekarang!
Atau
Saya mau bertanya ke sales Akunta.id sekarang!

 

Jika kamu merasa informasi ini berguna, yuk bagikan juga ke social media kamu. Semoga informasi ini bermanfaat ya.