Manfaat Pembukuan bagi Pengembangan Bisnis Anda

author
admin

01, September 2021

blog-image

Bisnis yang sukses membutuhkan pembukuan untuk mencatat detail aktivitas keluar-masuk uang. Mengorganisir pembukuan merupakan langkah yang sangat tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Pembukuan yang baik dapat memaksimalkan pendapatan bisnis, serta membantu Anda menentukan di mana Anda dapat memangkas biaya, sehingga dapat menghemat uang, meningkatkan pendapatan, dan mengurangi biaya overhead.

 

Berikut adalah beberapa manfaat pembukuan bagi bisnis Anda:

Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan dan penganggaran bisnis untuk pengelolaan, pengendalian, pemerikasaan, dan melacak dana. Dengan manajemen keuangan, Anda dapat memperhitungkan setiap rupiah pengeluaran bisnis Anda. Tujuan dari memanage keuangan yaitu membantu perencanaan dan akuisisi dana, memanfaatkan dan mengalokasikan dana yang diperoleh secara efektif, membuat keputusan keuanagn yang kritis, dan membantu meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Keputusan Bisnis

Dengan pembukuan, Anda dapat mengidentifikasi peluang menghasilkan uang, menghindari masalah arus kas, dan menemukan cara untuk meningkatkan pendapatan atau mengurangi pengeluaran. Jika Anda ingin tahu bagaimana kinerja bisnis Anda, pembukuan dapat membantu Anda dengan laporan tersebut. Ketika pembukuan dilakukan dengan benar, Anda dapat lebih mengenal bagaimana kekuatan dan kelemahan bisnis Anda, dan pastinya hal ini dapat membantu Anda dalam membuat keputusan bisnis.

Kepatuhan Bisnis

Apa pun jenis bisnis yang Anda miliki, kepatuhan terhadap undang-undang pajak adalah sebuah keharusan. Manfaat pembukuan tertentu, tergantung pada situasi Anda, termasuk kemampuan untuk membayar pajak penghasilan, pajak penggajian, kompensasi pekerja dan pajak penjualan. Menurut American Institute of Professional Bookkeepers, catatan pembukuan sangat berharga selama melakukan audit. Selain itu, pembukuan dapat membantu menjaga dokumen penting tetap teratur sehingga pengajuan pajak sangat mudah. 

Pengurangan Risiko

Dua manfaat pengurangan risiko yang terkait dengan pembukuan adalah kemampuan untuk mendeteksi penipuan dan penggelapan. Anda mungkin tidak ingin memikirkannya, tetapi selalu ada kemungkinan bisnis Anda akan mengalami penipuan atau penggelapan jika Anda memiliki karyawan atau mitra bisnis. Namun jika hal itu terjadi, catatan pembukuan dapat menjadi buktinya. 

Tingkatkan Arus Kas

Meningkatkan arus kas pada sebuah bisnis ini adalah tantangan yang sangat menarik bagi pebisnis. Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan arus kas adalah dengan meninjau pembukuan bisnis Anda. Anda dapat memperhatikan piutang Anda dan memastikan bahwa faktur dibayar tepat pada waktunya. 

Mendapatkan Investor

Fungsi pembukuan adalah menyiapkan laporan keuangan sehingga calon investor dapat melihat kondisi perusahaan secara transparan. Berinvestasi dalam bisnis merupakan sebuah risiko, dan investor ingin mengetahui apakah mereka menginvestasikan uang mereka ke dalam perusahaan yang menguntungkan.

Menghemat Uang Bisnis 

Di sisi lain, pembukuan dapat menghemat uang Anda dengan memastikan bahwa Anda membayar tagihan Tepat Waktu. Bunga dan biaya keterlambatan adalah pengeluaran bisnis yang tidak perlu yang dapat dihilangkan jika tagihan dibayarkan tepat waktu. Beberapa vendor bahkan menawarkan diskon jika Anda membayar tagihan sesegera mungkin. Ini dapat menjadi salah satu cara mudah untuk menghemat uang untuk bisnis Anda. Seorang accounting dapat melacak kapan tagihan harus dibayar dan memastikan bahwa Anda tidak pernah lewat dari tanggal jatuh tempo.

 

Pembukuan yang baik dapat membantu Anda melacak semua uang masuk dan keluar. Selain itu dengan adanya pembukuan dapat membantu Anda membayar tagihan tepat waktu, menghemat uang, dan membantu Anda mengumpulkan pembayaran yang terutang. Untuk itu jika Anda ingin menunjukan profesionalisme bisnis Anda, Anda dapat mencoba Akunta.id sebagai software akuntansi yang dapat digunakan dalam bisnis Anda.

 

Saya mau coba gartis Akunta.id sekarang!

atau

Saya mau bertanya ke Tim Akunta.id sekarang!