Pengertian, Manfaat, dan Pentingnya Laporan Arus Kas (Cash Flow)

author
admin

01, September 2021

blog-image

Laporan arus kas (cash flow) memiliki pengaruh yang sangat penting bagi bisnis Anda. Laporan ini memastikan bisnismu berjalan lancar. Ada banyak enterpreneur muda yang punya ide bisnis dan konsep yang menarik serta penjualannya lancar. Hanya saja kemudian usahanya tidak berusia panjang karena tidak teliti dalam pengelolaan keuangan.

 

Menyusun laporan arus kas adalah salah satu cara untuk mengatur keuangan bisnismu dengan baik. Kamu akan mendapatkan gambaran soal pemasukan dan pengeluaran yang berkaitan dengan aktivitas bisnis. Misalnya terjadi penurunan bisnis, kamu bisa memilih mana yang harus dilakukan efisiensi. Dengan adanya laporan keuangan ini, Anda juga akan mengetahui kondisi perusahaan Anda dalam kondisi untung atau rugi. Beberapa pos yang pasti ada dalam laporan keuangan misalnya ongkos produksi, pembayaran gaji karyawan sampai dengan biaya promosi. Sekilas semua unsur tersebut terasa penting namun sebenarnya ada yang bisa dimaksimalkan untuk hasil lebih baik.

 

Sayangnya banyak orang yang memulai karier wirausahanya tanpa kemampuan yang matang dalam penyusunan laporan keuangan. Akibatnya, laporan yang dibuat seadanya dan berakibat buruk dalam kinerja bisnisnya. Sistem keuangan yang buruk kerap menjadi akar masalah hancurnya suatu bisnis meskipun ditopang dengan penjualan yang baik.

 

Karena itu pastikan kamu membekali diri dengan kemampuan yang memadai untuk menyusun laporan keuangan ini. Apalagi jika bisnis yang kamu rintis permodalannya berasal dari banyak pihak. Laporan arus akas akan memberikan bukti dan catatan akan pengelolaan dana dan modal yang digunakan selama periode tersebut.

 

Pengertian Arus Kas atau Cash Flow

Pengertian laporan arus kas adalah atau sebuah perincian yang menunjukkan jumlah pemasukan dan pengeluaran dalam suatu periode tertentu. Setiap perusahaan memiliki laporan arus kas. Biasanya, laporan tersebut mencatat sejumlah transaksi yang terjadi baik pengeluaran maupun pendapatan. Laporan ini biasanya disusun secara berurutan dan sistematis.

 

Peran laporan keuangan dalam sebuah perusahaan sangat penting. Bisa dibilang, laporan ini memegang peranan vital dalam mendukung kemajuan sebuah perusahaan. Selain itu, ada manfaat lainnya yang bisa didapat dari adanya laporan tersebut. Manfaatnya tidak hanya untuk memberikan informasi terkait kondisi perusahaan, masih banyak manfaat yang bisa didapat melalui laporan arus kas. Kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat laporan uang kas.

 

Manfaat laporan kas untuk perusahaan

Sebelumnya, kita sudah mengetahui apa itu laporan uang kas. Berikut manfaat-manfaat yang bisa kita dapat dengan membuat laporan uang kas.

 

1. Melihat kemampuan perusahaan dalam aspek operasional

Laporan arus kas membantu kamu untuk mengetahui lebih dalam soal kemampuan perusahaan dalam membayar aspek-aspek operasional seperti membayar kewajiban perusahaan (membayar gaji karyawan), dan membayar dividen.

2. Mengetahui laba bersih

Laba bersih bisa diketahui dari arus kas yang masuk dan keluar. Laporan uang kas menyajikan banyak hal terutama soal pendapatan dan pengeluaran. Karena itu, kita bisa tahu laba bersih di perusahaan. Sehingga, keuntungan sebuah perusahaan bisa diketahui lewat laba bersih yang ada dalam periode tertentu.

3. Kemampuan perusahaan untuk menghasilkan arus kas

Laporan arus kas juga membantu perusahaan untuk mengetahui kemampuan mereka dalam menghasilkan arus kas. Untuk itu, penting bagi setiap perusahaan untuk memiliki laporan tersebut agar mengetahui kemampuan perusahaan untuk membuat arus kas.

 

Lewat manfaat laporan uang kas diatas, kita bisa tahu mengenai pentingnya laporan arus kas dalam sebuah perusahaan. Intinya, laporan tersebut dapat membantu kita untuk tahu mengenai tentang kondisi sebuah perusahaan.

 

Setelah itu, penting bagi kita untuk menyusun langkah di masa yang akan datang. Dengan hal itu, kita bisa mendapatkan susunan langkah yang tepat bagi kemajuan perusahaan kita. Itulah pentingnya laporan uang kas yang dapat membantu kita dalam menganalisis kondisi perusahaan kita dan menyusun langkah yang ada berdasarkan laporan tersebut.

 

Untuk memudahkan dalam membuat semua laporan arus kas tanpa ribet, kamu bisa mencoba software akuntansi Akunta.id agar keputusan bisnis dapat lebih cepat dan akurat.

 

Akunta.id memiliki sejumlah fitur menarik yang dapat digunakan sebagai solusi untuk mempermudah pencatatan keuangan usaha Anda.

 

Saya mau coba gartis Akunta.id sekarang!

atau

Saya mau bertanya ke Tim Akunta.id sekarang!

 

Nah, diatas adalah cara membuat laporan keuangan sederhana bagi bisnis UMKM yang telah diulas oleh Akunta.id. Jangan lupa untuk memudahkan kinerja laporan keuangan usaha kamu ya, bisa menggunakan software akuntansi dari Akunta.id.

 

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda, dan jangan lupa untuk dibagikan di sosial media.